Senin, 24 Oktober 2011

Bingung Mengisi Blog

Bingung Mengisi Blog dengan Tulisan Apa?

 

Menulis atau membuat sebuah cerita merupakan sebuah keahlian yang tidak bisa dalam sekejap didapatkan (kecuali yg memang berbakat luar biasa). Namun bukan berarti sebuah keahlian yang tidak bisa dipelajari. Kalo menurut saya, menulis adalah sebuah keahlian yang harus sering diasah. Begitu banyak rumus bagaimana cara menulis yang baik, tapi kalo sense untuk menulis belum punya. Semua tehnik menulis itu akan sia-sia.
Jadi, kalo ingin bisa menulis sesuatu yang berarti (ini relatif loh), sesuatu yang bisa diakui oleh orang lain. Maka cara yang saya yakini adalah dengan berpegangan dengan ilmu statistik. Dari 10 tulisan yang kamu buat, saya percaya bahwa pasti ada 1 buah yang masuk kategori bermutu. Kalo masih belum ada yang bermutu, buat saja 100 tulisan. Minimal 1% akan ada yang akan jadi emas. Pesan yang saya maksud adalah berlatih sesering mungkin.
Saat kita kecil, karena baru pertama bisa menggambar atau menulis, apa saja yang ada di depan kita akan menjadi tempat menulis buat kita. Tidak aneh kalo sering ditemui anak kecil yang suka mencoret-coret tembok rumah. Animo pengalaman pertama menulis saat kita kecil merupakan sebuah euforia tersendiri. Saya pengen mengingatkan kembali nuansa saat kita semua masih kecil dulu. Saat pertama kali kita bisa menggambar, saat pertama kali kita bisa menulis nama kita. Dari situ, saya pengen kita semua mengingat semangat itu. Simpan itu, karena kita akan membutuhkannya nanti.
Kalo anak kecil mengekspresikannya dengan tembok dan sebagainya. Bagaimana untuk kita? Kagak perlu khawatir, salah satu alternatif yang bisa gua rekomendasin adalah blog!
Pertanyaannya adalah apa yang harus saya tulis di blog saya? Tulisan mengenai apa yang akan saya publish? Jawaban dari pertanyaan itu justru biasanya seperti berikut:
  • Tidak ada yang istimewa di kehidupan saya yang bisa saya ceritain.
  • Tidak ada yang istimewa dari semua hobi saya yang bisa saya tulis.
  • Tidak ada pengalaman yang saya bisa share.
  • Tidak ada keahlian atau ilmu yang bisa saya bagi.
Pokoknya kagak ada deh yang bisa dijadiin sebagai tulisan di blog saya. Makanya saya bingung mau mengisi dengan apa?
Justru di situ lah letak hambatannya. Jangan berpikir, lakukan saja. Banyak yang bisa dijadikan stimulan tulisan seperti:
  • Apa yang ada dalam pikiran kamu sekarang, cobalah gambarkan dengan kata-kata.
  • Carilah hal sepele dalam kehidupan sehari-harimu dan uraikanlah dengan detail dalam blogmu.
  • Apa hobimu saat ini, coba bagi pengalaman atau cerita mengenai hobi itu, apa yang membuatmu tertarik dengan hobi itu.
Intinya adalah hal-hal yang menarik bagimu dapat kamu jadikan sebuah tema artikel dalam blogmu. Kenapa harus yang menarik buat saya? Karena dengan membuat artikel yang berhubungan dengan apa yang kamu sukai, kesulitan seperti mencari informasi lebih dalam pada subyek akan menjadi lebih mudah. Karena tidak perlu tahapan untuk kamu mempelajari subyek tersebut, secara kamu sudah mengerti.
Namun apa yang menarik buat saya belum tentu menarik untuk orang lain? Itu tidak masalah. Hal terpenting adalah kamu mau memulainya. Tidak semua penulis menulis dengan sesuatu yang menarik buat orang lain. Tapi sebagian besar penulis besar memulai dengan tulisan yang menarik bagi mereka.
Bagaimana? Apakah masih bingung menulis blog dengan tulisan apa?
Jika iya, kenapa tidak mencoba mereview blog ini saja sebagai permulaan :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar